Rabu, 11 Oktober 2023

5 Teknik Memancing untuk Pemula dan Penjelasannya

fishinggodgames | Terdapat berbagai teknik memancing yang bisa diterapkan di sungai atau laut. Bagi para pemancing, khususnya pemula, mempelajari berbagai trik atau  sangat diperlukan agar lebih berpeluang mendapatkan banyak ikan.

Di Indonesia, para  umumnya memakai metode dasaran. Ini adalah cara memancing dengan menggunakan alat seperti jaring dan sejenisnya. 
Biasanya jaring atau jala dipakai dalam penangkapan ikan berskala kecil atau sedang oleh nelayan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa teknik memancing untuk pemula yang harus diketahui.
Mengenal Teknik Memancing yang Tepat untuk Pemula Betcoin88

Berbagai teknik memancing memang harus diaplikasikan supaya memperoleh tangkapan optimal. 
Dalam buku Mancing: Bukan Sekadar Hobi oleh AR Timurawan, berikut adalah beberapa teknik memancing yang wajib diketahui khususnya oleh pemula.
1. Flying Lining
Ini merupakan salah satu teknik memancing di laut. Flying lining dilakukan memakai  hidup atau disebut live bait yang diikat dengan balon lalu dibiarkan bergerak menjauhi kapal. Beberapa jenis ikan yang kerap dijadikan umpan antara lain ikan baby barracuda, kembung, sampai selar.

2. Jigging
Berikutnya ada jigging yaitu teknik memancing menggunakan jig atau umpan tiruan dari logam timah yang dibentuk seperti ikan dengan ukuran bervariasi. 
Umpan ini nantinya dilempar hingga dasar laut kemudian dimainkan dengan menarik atau mengulur joran supaya dapat bergerak dan menarik perhatian ikan.
3. Casting
Casting adalah teknik memancing dengan melempar umpan buatan seperti lure minnow ( umpan berbentuk mirip ikan minnow yang disukai predator) dan sebagainya dengan joran atau kail fleksibel. 
Umpan ini biasa dipakai untuk memancing ikan air tawar maupun air asin dan efektif menjerat ikan dalam kondisi lapar.
4. Popping
Popping adalah teknik pancing dengan melempar popper atau umpan buatan yang umumnya terbagi menjadi tiga yaitu chugger, pencil, serta stickbait. 

Caranya dengan memainkan popper atau menarik berulang kali sehingga menimbulkan percikan air yang membuat ikan tertarik bahkan menyambar umpan.
5. Trolling
Trolling dilakukan dengan cara menarik umpan lewat air di belakang perahu yang tengah bergerak. Teknik ini bisa diaplikasikan di laut dengan target berbagai ikan pelagis seperti ikan lemadang serta tenggiri.
Demikian ulasan mengenai teknik memancing bagi pemula dan penjelasannya. Dengan mengaplikasikan berbagai teknik di atas, pemancing dapat memperoleh hasil pancingan secara maksimal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

8 Cara Jitu Teknik Mancing Ikan Baronang

fishinggodgames |  Teknik Mancing Ikan Baronang inipun biasanya membutuhkan skil tersendiri, tetapi bukan berarti sulit untuk dilakukan, pa...